Kamis, 31 Agustus 2017

Lebaran duka ke dua kalinya

24 Juni 2017 lalu..
Tepat saat malam bulan Ramadhan berakhir..
tepat saat malam bulan Idul Fitri lahir..
Ibu kedua ku pergi untuk selamanya.......
ini Lebaran duka keduaku...
5 tahun yang lalu ayahku... sekarang ibu keduaku..
memang bukan ibu kandungku...
beliau tante aku, adik ibuku.. dan aku betul2 menganggapnya sudah seperti ibuku sendiri...
karena mama dan papa yg selalu sibuk kerja untuk kehidupan kami jadi tante lah yang mengasuh aku dan kedua kakakku..
dari kecil sampai besar.. beliau memang blm menikah jadi tidak punya anak kandung...
tapi dia punya kami bertiga :) aku dan kedua kakakku yang gembul itu...
kalau ber4 kami kumpul pun seru.. dan pasti orang2 menyangka kalau tante itu ibu kita... dan beliaupun tidak keberatan merasa seperti itu...
banyak hal yang dia berikan pada kami.. banyak hal dan semua itu baik2 sangattttt baik...
tante memang punya penyakit kronis dari dulu, levernya bermasalah dan yang kemarin ini sudah stadium sangat berat.. Sirosis :"(
melihatnya menderita tidak bisa makan apapun membuat aku yg melihatnya pilu.. :"(
setiap malam, aku, mama dan kak eca bergantian jaga..
kadang aku ngajiin.. beliau merasa tenang dari sesak karena asitesnya.. katanya enak dengar suara orang mengaji...
3 hari sebelum beliau pergi tiba2 beliau memanggil aku dengan lemas  diatas tempat tidurnya
tante :"lisa" *sambil melambai
L : "iya tante kenapa?" *dateng segera
T: "panggil mama,oma,eca, semuanya kesini"
Langsung saat itu aku ngerasa "DEG" kenapa nih, aku panik telpon mama sambil nangis.....
T:"suruh pada masuk ke dalam"
L:"Tante yg lain ga ada disini, lagi pada dirumah masing2.. mau disuruh kesini"
T:"oh gitu.. gausah" terus sesak nafas lagi dan tiba2
T:"dingiiin.. kok dingin banget"
aku langsung lari cari2 kaos kaki, kupasangin terus tangan tante ku gosok2 biar hangat tapi tante ga merasa hangat juga.. aku sedih rasanya gabisa apa2 :"(( aku ingat dulu pas aku sakit dan pernah aku merasa menggigiil begitu, tante selimutin aku dan gosok2 aku terakhir aku dipeluk... akhirnya aku peluk tante walau si tante masih merasa kedinginan juga... dan ga lama...
T:"lisa kesini lebih deket"
L:"kenapa tante?" tiba2 tante meluk aku dan kepala aku di usap2... duhhh saat itu aku langsung netesin air mata ntah kenapa T__________T
tante ga ngomong apa2 tapinya T____________T
sesaat belum membaik tapi aku harus pulang karena besok nya tetep kerja...:"(
besoknya tante masuk ruangan ICU tapi masih dalam kondisi bisa angguk kepala.. dan aku sempat lihat gerakan bibir tante ke aku "sudah..udahhh..cukup". aku tau pasti dipasang alat2 itu sakit, sampai tante rasanya lebih baik copot aja semua.. tapi aku cuma bisa bilang "tante ayo berjuang bareng ya.. sama2 ya tante paling cantik sedunia pasti bisa" kemudian tiap jam jenguk kami masuk untuk membisikkan "laillahaillah" ke telinga tante... 
tgl 24 juni 2017 jam stgh 10 malam... saat orang2 bersiap buat ketupat dan bertakbiran.. aku tidak bisa merasakan euforia itu... yang ada kecemasan yang tidak bisa dijelaskan...tiba2 ka eca telpon kami..dan
aku, mama dan bang hendri di suruh ke atas sama ka eca karena katanya kondisi tante mengkhawatirkan... langsung kita ber3 lompat ke sana...
pas masuk ruangan ICU, disana kita liat tante dalam kondisi yang tidak memungkinkan, mata tidak bisa terbuka, nafasnya melemah.. dan ketika di pompa paksa yang keluar adalah darah T______T aku ga sanggup liatnya...
kata2 kak eca yang keluar bikin aku dan mama kaget "kasian tante, udah parah.. ikhlasin ya?" kelihatan dari wajah ka eca yg sebenrnya terpaksa harus ikhlas.. tapi melihat muntahan darah yang muncrat itu membuat aku juga memilih ikhlas bukan karena apa2 tapi jika dipaksa lebih sakit... rasanya kami menyiksanya... :((
akhirnya aku, mama dan kak hendri bilang "ikhlas" dan akhirnya dokter pun melepas semua alat bantu...
lalu kami ber4 mengiringi kepergian tante dengan mengucapkan kalimat "LAILAHAILLAH" bersama2 sampai hembusan akhir beliau...
saat itu aku masih belum percaya beliau betul2 pergi.... dokter bilang "maaf nafasnya sudah berhenti di pukul 22:10... "innalillahi wainnailaihiraji'un" ucap kami ber4...
aku duduk disamping beliau, wajahnya damai... kemudian aku bacakan yasin.. tiba2 wangi yang lembut muncul begitu saja... wanginya enak, damai dan menyenangkan... aku pikir parfum ruangan tapi di kamar ICU tidak ada parfumnya sama sekali.. aku memandang wajah tante sambil mengucapkan terima kasih sudah membesarkanku dan terima kasih sudah berjuang bersama sampai akhir....:")
besoknya saat tante di bawa ke rumah pun, rumah kami wanginya luar biasa... betul2 wangi! tante datang sudah dimandikan, wajahnya cantiiiiik sekali.. memang betul dia tante paling cantik sedunia :")))) wanginya luarbiasa... aku cium pipinya untuk terakhir kali dan mengucapkan terima kasih...
teringat tante sangat suka suara takbir dan subhanallah kepergiannya di iringi takbiran orang2 diseluruh dunia..:")
kemudian kami mnegantarkan tante sampai peristirahatan terakhir semua lancar dan banyak hal2 baik tak terduga bermunculan... dari pembayaran makam 6 juta menjadi gratis, yang menshalatkan tante banyak,dll...
satu sisi aku merasa ini semua pemberitahuan dari Allah... seperti Allah memperlihatkan..
"berbuat baiklah kamu dan ikhlaslah karena diri-Ku" karena itu yang tante tunjukkan pada kami... semua cobaan yg dia dapat dia ikhlas karena Allah...
iriiii bisa meninggal dalam keadaan khusnul khatimah... papa jugaaa senyum saat pergi :")
semoga aku dan keluargaku bisa berkumpul di Jannah Allah tanpa menyentuh neraka-Nya..
Aamiin..
tanteeeeee men tante adalah tante paling cantik seduniaaa dan aku kangeeeen!!! ga ada ketupat lagi deh tahun ini.. kue ultah aku tahun depan gimana? :")))))\
MISS YOU SO MUCH TANTEEE :"*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar